Kamis, 18 Oktober 2012

 Sejarah dan Perkembangan Bahasa Pemrograman Delphi

A. Apa itu Delphi?

    Borland Delphi adalah bahasa tingkat tinggi dan terkompilasi yang mendukung bahasa terstruktur serta Perancangan Berorientasi Object (OOD). Delphi menggunakan bahasa Pascal, sebuah bahasa terstruktur generasi ketiga. Delphi menawarkan gaya pemrograman yang bersih dan konsisten dan yang terpenting menghasilkan aplikasi yang lebih dapat diandalkan.

#Pascal dan Sejarahnya

    Asal usul Pascal bermula dari rancangan Algol, bahasa tingkat tinggi pertama yang mudah dibaca, terstruktur dan mendefinisikan sintax secara sistematis. Pada akhir tahun 1960-an (196x), beberapa usulan evolusi penerus algol dikembangkan. Salah satu yang paling sukses adalah Pascal, ditemukan oleh Prof Niklaus Wirth. Wirth mempublikasikan temuan asli Pascal pada tahun 1971. Mulai diimplementasikan di tahun 1973 dengan beberapa modifikasi.   Banyak fitur pascal yang berasal dari bahasa sebelumnya. Pernyataan Case dan parameter value-result berasal dari Algol, dan catatan struktur yang mirip dengan Cobol dan PL 1. Pascal menambahkan kemampuan untuk mendefinsikan tipe data baru secara lebih sederhana dari yang pernah ada. Pascal juga mendukung struktur data dinamis, contohnya : struktur data yang dapat tumbuh dan menyusut saat program berjalan. Bahasa ini dirancang untuk menjadi alat pembelajaran bagi siswa pada kelas pemrograman.

    Pada tahun 1975, Wirth dan Jensen memproduksi buku referensi Pascal terakhir “Pascal User Manual and Report”. Wirth berhenti bekerja pada Pascal pada tahun 1977 untuk menciptakan sebuah bahasa baru, Modula – penerus Pascal.

#Borland Pascal

  Dengan dirilisnya Turbo Pascal 1.0 pada November 1983, Borland mulai perjalanannya dengan lingkungan pengembangan dan perangkatnya. Untuk menciptakan Turbo Pascal 1.0 Borland melisensikan kompilator inti pascal yang cepat dan murah, yang ditulis oleh Anders Hejlsberg. Turbo Pascal memperkenalkan  suatu Lingkungan pengembangan terintegrasi / Integrated Development Environment (IDE) dimana anda dapat mengedit code, menjalankan compiler, melihat kesalahan dan melompat kembali ke baris yang mengalami kesalahan. Kompiler turbo pascal telah menjadi salah satu compiler terlaris sepanjang waktu, dan membuat bahasa ini sangat popular pada platform PC

    Pada tahun 1995 Pascal kembali dengan memperkenalkan lingkungan aplikasi bernama Delphi – mengubah pascal menjadi sebuah bahasa pemrograman visual. Keputusan yang strategis dengan membuat perangkat database dan konektivitas sentral dari produk pascal.

#Permulaan Delphi

     Setelah merilis Turbo Pascal 1, Anders bergabung dengan perusahaan sebagai seorang karyawan dan arsitek untuk semua versi dari kompiler Turbo Pascal dan tiga versi pertama dari Delphi. Sebagai kepala arsitek di Borland, Hejlsberg diam-diam merubah Turbo Pascal menjadi bahasa pengembangan aplikasi berorientasi obyek, lengkap dengan lingkungan yang benar-benar visual dan fitur akses database yang luar biasa

#Mengapa diberi nama “Delphi”

    Seperti yang dijelaskan dalam Museum artikel Borland, proyek dengan codename Delphi muncul pada pertengahan 1993. Mengapa Delphi? Sangat sederhana: “Jika Anda ingin berbicara dengan Oracle, pergilah ke Delphi”. Ketika tiba saatnya untuk memilih nama produknya, setelah sebuah artikel di ‘Windows Tech Journal’ tentang sebuah produk yang akan mengubah hidup programmer, nama terakhir yang diusulkan adalah AppBuilder. Sejak Novell merilis Visual AppBuilder, orang-orang Borland perlu mengambil nama lain, tetapi menjadi semacam komedi: semakin keras orang-orang berusaha untuk mengabaikan “Delphi” sebagai nama produk, semakin banyak nama tersebut mendapat dukungan. Setelah disebut-sebut sebagai “pembunuh VB” Delphi tetap menjadi produk landasan untuk Borland.

IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.
Kompilator (Inggris: compiler) adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.
Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer.

B. Sejarah Versi Borland Delphi
·         Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)
·         Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)
·         Delphi versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan fitur internet atua web)
·         Perkembangan selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.
·         Versi terkini dari delphi adalah versi 7 dengan tambahan vitur .net dengan tambahan file XML

C. Kegunaan Delphi
·         Untuk membuat aplikasi windows
·         Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
·         Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
·         Untuk merancang program .Net (berbasis internet)

D. Keunggulan Delphi
     IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
 Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
 Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
 Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.


E. Adapun sejumlah kelebihan Embarcadero Delphi lainnya, antara lain meliputi:
·         Dapat mengkompilasi menjadi single executable (aplikasi portable), memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning
·         Banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging)
·         Optimasi kompiler yang cukup cepat
·         Mendukung multiple platform dari source code yang sama
·         Untuk yang dikelola oleh embarcadero, delphi dapat dijalankan pada multiflatform yaitu windows, linux, android, IOS.

F. Ada kelebihan sudah pasti ada kekurangan. Kekurangan dari Delphi antara lain:
·         Partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya)
·         Akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal
·         Dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32)

0 komentar:

Posting Komentar